Rumah DataKu Optimalkan Fungsi Kampung Keluarga Berkualitas

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada DP3AP2KB Provinsi Kalimantan Utara, Deddy Prasetya Noor mengatakan, Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga (Rumah DataKu), berperan dalam mengoptimalkan fungsi dari Kampung Keluarga Berkualitas.

Dia menjelaskan, informasi mengenai potret keluarga pada satu desa seyogianya bisa terekam di Rumah DataKu. Dengan begitu, pemilahan data untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan bisa efektif diterapkan.

“Semua informasi ada di Rumah DataKu, khususnya terkait ibu yang hamil berapa, jumlah anak berapa, tujuannya biar enak ketika memilah milah kebutuhan data dan informasi,” paparnya pada pekan ini.

Data yang terekam dalam Rumah DataKu bisa dikompilasikan dengan data dari instansi terkait. Seperti contohnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Badan Pusat Statistik.

“Karena sekarang kan mengacu satu data Indonesia. Di dalam draft Pergub Stunting juga di link-kan dengan Kominfo terkait data data nya,” jelas Deddy.

Informasi yang dihimpun, Rumah DataKu berfungsi sebagai pusat dan informasi kependudukan ditingkat mikro menjadi krusial peranannya untuk memenuhi kebutuhan akan data dan informasi keluarga dalam pembangunan di Kampung KB pada khususnya, serta di desa/kelurahan pada umumnya.

Rumah DataKu harus selalu menyediakan data dan informasi kependudukan yang selalu di mutakahirkan oleh pengurus dan kader yang terkait. Kegiatan ini bertujuan untuk Terfasilitasinya kegiatan pengumpulan dan updating data di Rumah DataKu; tersedianya data yang valid dan terkini pada Rumah DataKu;

Ditemukannya isu-isu prioritas berdasarkan hasil analisis data (deskriptif); Diperolehnya rekomendasi berdasarkan hasil analisis data (deskriptif). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Penyuluh KB beserta dengan pengurus rumah dataKU. (adv)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik