Dipusatkan di Kota Makassar, Bupati Laura Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVII Tahun 2023

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.com makasar – Bupati Nunukan Hj Asmin Laura menghadiri puncak dari Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang dipusatkan di Kota Makassar bersama seluruh Bupati/Walikota se-indonesia, dan rangkaian kegiatannya dilaksanakan secara outdoor di bibir Pantai Losari, Sabtu (29/04).

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 100.2.8/1582/OTDA, di mana salah satunya daerah diminta menyosialisasi dan menggelar Upacara Peringatan Hari Otda, dan Kota Makassar menjadi tempat pelaksanaan kegiatan upacara Otonomi Daerah (Otda) ke XXVII Tahun 2023 tersebut.

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Otda Tahun 2023 yaitu “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Atas Pelaksanaan Peringatan Hari Otonomi Daerah di tahun 2023 ini Bupati Laura menyampaikan bahwa optimisme dari pelaksanaan hari otonomi daerah ke depan adalah muaranya lebih kepada kemandirian daerah dalam mengelola daerahnya.

Lebih lanjut menurutnya dikarenakan dengan adanya kewenangan kewenangan yang sudah di tentukan maka daerah sedikit kesulitan untuk melangkah, sehingga terkesan lambat. Akan tetapi menurutnya pelaksanaan otonomi daerah di kabupaten Nunukan tetap dilaksanakan meskipun hanya dengan memfasilitasinya, karena masyarakat cenderung tidak mau tahu tentang kewenangan tersebut berada dimana, di Daerah, Provinsi ataukah berada di Pusat.

” Harapan kedepan, kita berharap supaya ada MoU tentang evaluasi tentang peraturan yang ada, karena kan ada dasar dari penyelenggara Otonomi Daerah berdasarkan Undang-undang, sehingga harus ada kesempatan bersama, dan butuh waktu yang lama, tetapi pemerintahan kan berjalan terus hari demi hari. Jadi kita tegak lurus aja dengan apa yang terjadi saat ini, meskipun terkesan banyak hambatan hambatan di lapangan dan kita hanya memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa beginilah kondisi kita saat ini.”jelas Laura.

Ditambahnya, Bupati Laura menjelaskan pertemuannya dengan Mendagri Tito Karnavian, distand Pameran Inovasi Kabupaten Nunukan, bahwa akan diadakan suatu event kegiatan bernama Gerbang Dutas.

” Insyaallah, kita akan persiapan segala sesuatunya guna menyukseskan acara tersebut,” bebernya.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar