Dukungan Penurunan Stunting, PKK Gelar Pelatihan Pengolahan Jajanan Ikan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.com Bulungan-Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bulungan bersama organisasi perangkat daerah terkait menggelar pelatihan pengolahan jajanan berbasis sumber daya perikanan di Desa Liagu, Kecamatan Sekatak pada Selasa (30/5). Ketua TP PKK Bulungan, Sri Nurhandayani Syarwani didampingi Asisten Administrasi Umum, Adi Irwansyah MS, SH, M.Si menjelaskan, kegiatan menjadi Upaya mendukung percepatan penurunan stunting sekaligus memasyarakatkan gemar makan ikan.

“Khususnya kepada anak-anak melalui ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan di keluarga,” terangnya dalam kegiatan yang diselenggarakan Kelompok Kerja (Pokja) 3 PKK bersama Dinas Perikanan Bulungan. Pelatihan meliputi pengolahan jajanan Siomai Kukus, Siomai Goreng, Sate dan Otak-otak yang semuanya berbahan dasar ikan. Hasil pelatihan diharapkan dapat dipraktekkan di lingkup keluarga agar anak-anak gemar makan ikan, memiliki gizi tinggi sehingga terhindar dari stunting.

Dijelaskan, kondisi alam di Bulungan wajib disyukuri karena memiliki dukungan sumber daya alam termasuk perikanan yang cukup melimpah. Ahli gizi juga selalu mengingatkan untuk makan ikan karena selain memiliki protein berkualits tinggi, ikan mudah diolah, waktu memasaknya singkat sehingga bahan gizi penting tidak banyak hilang. Bangsa yang memakan ikan dalam jumlah relatif cukup seperti suku bangsa Eskimo dan Jepang menjadi contoh bangsa yang jarang mengidap penyakit jantung dan berumur panjang.

“Kegiatan ini penting agar ibu-ibu ataupun peserta pelatihan dapat menyajikan jajanan maupun menu berbahan dasar ikan bagi keluarga,” tandasnya. Jajaran TP PKK desa maupun kecamatan turut diminta berperan mensosialisasikan nilai gizi lebih dari konsumsi ikan di posyandu dan dasawisma.

Selain menggelar pelatihan, Ketua PKK Bulungan bersama Asisten III dan sejumlah perangkat daerah Pemkab berdiskusi bersama unsur masyarakat Desa Liagu. Sri Nurhandayani Syarwani selaku Bunda PAUD Bulungan menyempatkan berkunjung ke PAUD Permata Handayani di Desa Liagu, Sekatak serta turut mengajar dan bernyanyi bersama anak-anak PAUD.

Pemkab melalui OPD terkait juga membagikan sarana dan prasarana produksi perikanan tangkap berupa 15 mesin ketinting untuk KUB Mitra Usaha serta peralatan memasak untuk PKK dan masyarakat Desa Liagu.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar