Festival Sungai Kayan 2023 Dibuka

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan secara resmi membuka Festival Sungai Kayan 2023 kemarin, Rabu (4/10). Festival Sungai Kayan akan dihelat selama lima hari ke depan sampai tanggal 9 Oktober 2023.


Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, Festival Sungai Kayan menjadi agenda tahunan Pemkab Bulungan dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bulungan dan Kota Tanjung Selor setiap Bulan Oktober.


“Syukur Alhamdulillah, kita sudah memulai rangkaian peringatan hari jadi Bulungan dan Tanjung Selor dengan dimulainya Festival Kayan 2023,” kata Syarwani.


Festival Sungai Kayan diisi oleh perlombaan balap perahu dayung, lomba balap ketinting, lomba balap perahu hebob 40 PK dan lainnya. Animo peserta dan penonton disebut meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.


“Ada nuansa berbeda pada pelaksanaan tahun ini, lebih banyak perahu yang ikut dari berbagai desa dan kecamatan. Total peserta di lomba dayung kelas 20, 30 dan 50 saja sudah 3.140 peserta, belum lagi yang lain,” paparnya.


Syarwani menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala desa dan camat yang mendukung masyarakatnya berlaga di Festival Kayan 2023.
“Semoga Festival Sungai Kayan bisa menjadi salah satu alat pemersatu warga masyarakat,” ujarnya.


Syarwani mengungkapkan, Festival Sungai Kayan menjadi salah satu upaya merawat sejarah peradaban masyarakat. Para pendahulu masyarakat di Kabupaten Bulungan menjadikan Sungai Kayan sebagai urat nadi perekonomian dan kegiatan masyarakat.
“Lomba perahu ini salah satu upaya melestarikan budaya dari para pendahulu, sehingga terselenggaralah Festival Sungai Kayan,” paparnya.


Festival Sungai Kayan diharap bisa menjadi salah satu event pariwisata Bulungan yang banyak dikenal masyarakat. Kegiatan ini pun dirancang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
“Semoga Festival Sungai Kayan bisa mengundang banyak wisatawan setiap tahunnya. Kami juga berupaya agar pelaku umkm itu bisa menikmati kegiatan ini, mereka bisa berjualan di tempat yang disediakan,” pungkasnya.(ag)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar