Menuju Bulungan Berdaulat Pangan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Memastikan SDM unggul, Pemkab Bulungan menyiapkan berbagai langkah itu, termasuk diantaranya untuk kualitas pangan yang dikonsumsi. Terkait hal itu melalui dinas terkait digelar bimbingan teknis penyuluhan keamanan pangan di Bulungan

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, mengingatkan, tersedianya pangan yang aman, bermutu dan bergizi, merupakan persyaratan yang harus terpenuhi dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kali ini melalui Dinas Kesehatan, diyakini menjadi dukungan tersendiri dalam mewujudkan visi mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera.

“Kedaulatan pangan di Bulungan merupakan hal yang sangat penting, karena pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kelangsungan hidup manusia. Kemudian didukung dengan potensi sumber daya alam yang kita miliki, baik tanah, hutan dan air dan segala isinya, tentunya sudah sepatutnya kedaulatan pangan menjadi visi kita bersama,” ujarnya.

Menyasar para pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Bimtek diharapkan bisa meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha IRTP, agar dapat menghasilkan produk pangan yang terjamin mutu dan keamanannya, sesuai dengan standar keamanan pangan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga mampu memiliki daya saing di pasaran.

“Jadi keamanan pangan terdiri 2, faktor yaitu kuantitas atau jumlah ketersediaan pangan yang ada serta kualitasnya atau mutu pangan bersangkutan,” katanya.

Menurutnya, keamanan pangan menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan menjadi tanggungjawab bersama. Sebab, keamanan pangan merupakan sistem yang harus diimplementasikan mulai dari yang memproduksi, baik dari dapur rumah tangga, ataupun pelaku usaha, pihak sekolah, komunitas pasar sampai masyarakat hingga perseorangan.

“Ini sangat baik, maka harus diikuti sampai tuntas, apalagi ini juga dalam rangka percepatan dan preventif untuk hidup sehat sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 terkait Gerakan Masyarakat (Germas), mengangkat derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” tambahnya.

Seperti diketahui, keamanan pangan juga, menjadi salah satu program nasional yang diharapkan dalam upaya memperkuat kemandirian komunitas di bidang keamanan pangan yang seharusnya menjadi kebiasaan dan dapat dimulai dari keluarga, masyarakat dan diperkuat atau didukung melalui instansi terkait.

“Pemantauan dan pengawasan terhadap keamanan pangan ini, kita harap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan yang sehat dan aman,” pungkasnya.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar