Motor Trail dan Gaji Ke-13 Kades sampai RT di ADD Bulungan 2024

redaksi

Ads - After Post Image

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, pihaknya meningkatkan nominal Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun 2024. Kenaikan ini salah satunya untuk mendukung kinerja dan mobilitas kepala desa sampai tingkat ketua Rukun Tetangga.
Syarwani memaparkan, dia sudah menginstruksikan secara khusus pembuatan regulasi tambahan penggunaan ADD untuk pengadaan motor trail, insentif kepala desa sampai Ketua RT.
Dia memastikan akan memasukan regulasi tersebut dalam penggunaan ADD Tahun 2024. Khusus motor trail yang diperuntukan mendukung operasional kepala desa, pembelian bisa melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa, khususnya pengadaan sarana transportasi untuk kepala desa.
“Teman-teman kepala desa yang ingin mengadakan motor trail, silahkan dialokasikan melalaui ADD,” kaya Syarwani.
Syarwani mengaku sudah menginstruksikan pada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bulungan untuk membuka peluang dan payung hukum penggunaan ADD ini.
“Saya instruksikan pada Plt Kepala DPMD supaya ada payung hukum, bagi teman-teman kepala desa bisa mengalokasikan pengadaan sarana transportasi mereka,” ulasnya.
Bupati selama ini menyadari untuk wilayah terjauh dengan medan cukup sulit perlu dukungan lebih dari Pemkab Bulungan, terutama penyediaan sarana transportasi mereka.
“Untuk menjangkau desa di Hulu Sungai Kayan tidak mampu kalau menggunakan motor matik, bisa tidur di jalan teman-teman kepala desa kalau mau ke Tanjung,” ungkapnya.
Adanya kendaraan representatif diharap memudahkan mobilitas kepala desa maupun camat ketika ada kegiatan di Tanjung Selor, atau sekadar berkoordinasi antar kecamatan maupun desa. Terutama di 3 kecamatan pada Hulu Sungai Kayan, yaitu Kecamatan Peso, Peso Hilir, dan Tanjung Palas Barat.
“Betapa sulitnya akses jalan mereka di sana, semoga dengan adanya kendaraan operasional yang representatif, kinerja mereka dapat terbantu. Demikian pula teman-teman dari Sekatak, apalagi dari Desa Sumariot, termasuk Kecamatan Tanjung Palas Timur wilayah paling ujung yaitu Desa Karang Tigau,” paparnya.
Dalam kesempatan yang sama, Syarwani mengatakan telah mengusulkan kenaikan penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa termasuk RT dan RW pada pengalokasian ADD Tahun 2024, termasuk pemberian gaji 13 untuk mereka.
“Jika selama ini cuma ASN yang menerima gaji ke 13, Insya allah tahun anggaran 2024 jabatan Kades, ketua RT dan RW juga ada gaji ke 13,” pungkasnya

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar