Tiba di Kota Padang, Wabup H. Hanafiah, Ketua DPRD H. Leppa dan 75 Anggota Kontingen dari Kabupaten Nunukan Ikuti Pembukaan Penas ke XVI Tahun 2023

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.com Padang– Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah ,SE.,M.Si dan Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj.Rahma Leppa, menghadiri Acara Pekan Nasional (Penas)Tani dan Nelayan ke XVI Tahun 2023 di Lapangan Udara (LANUD) Sutan Sjahrir, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu(10/06)

Penas XVI Tahun 2023 di Padang resmi dibuka oleh Menteri Pertanian Dr.H. Syahrul Yasin Limpo, dihadiri sebanyak 28.000 peserta seluruh Indonesia ditambah dengan para kepala daerah serta pejabat lainnya dari masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk Kontingen Kabupaten Nunukan mengirimkan sebanyak 75 orang yang terdiri dari anggota KTNA dan pendamping. Para peserta Penas tersebut nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan selama enam hari, tanggal 10 Sampai dengan 15 Juni 2023.

Pembukaan diawali dengan tarian kolosal yang diikuti 400 penari. Dalam acara itu juga diisi dengan kegiatan para petani dan nelayan, seperti pameran pembangunan pertanian, expo aquaculture, expo agroforestry, temu agribisnis dan Gelar teknologi (Geltek), yang memperkenalkan Teknologi Tepat Guna yang berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan teknologi tepat guna bagi petani nelayan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya menilai Pelaksanaan PENAS XVI harus menjadi ajang konsolidasi nasional bagi petani dan nelayan, sehingga dapat saling menginspirasi, memotivasi dan memanfaatkan jaringan yang dipunya untuk mensejahteraan petani dan nelayan.

“PENAS Petani Nelayan XVI harus menjadi bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional ditengah ancaman krisis pangan,” katanya.

Menteri Pertanian menambahkan, kegiatan ini adalah bagian-bagian untuk mengkonsolidasi, kekuatan dan potensi pertanian khususnya untuk menjaga ketahanan pangan nasional kita.

“Acara PENAS harus menjadi puncak komunikasi emosional kita. Besok ada El Nino, besok ada warning terhadap krisis pangan dunia, karena cuaca ekstrim, serangan hama dimana mana. Oleh karena itu PENAS ini sangat penting untuk menyatukan visi dan pandangan kita dalam menghadapi berbagai tantangan,” Ucap Syahrul Yasin Limpo.

“Untuk itu Yasin Limpo mengajak semua untuk menyamakan langkah dalam antisipasi masalah ini.

Sementara itu, wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah mengatakan dirinya bersyukur bisa hadir pada Pembukaan Penas di Padang ini. “Alhamdulillah, saya bisa hadir dan ini yang pertama dalam hidup saya ke Padang. Suasananya bagus dan sangat maju. Mudah-mudahan kedatangan kami disini bersama beberapa Kepala OPD di Nunukan, serta anggota kelompok Tani Nelayan dapat menyerap ide dan teknologi sehingga bisa diaplikasikan pada pertanian di Nunukan.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar