Alsintan Hingga Bibit Dukung pertanian Bulungan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Berbagai program pengembangan pertanian dilakukan Pemkab Bulungan untuk mewujudkan Bulungan berdaulat Pangan kedepannya. Beberapa waktu lalu Bulungan turut memperingati hari Krida Pertanian, dimana diketahui ada sejumlah bantuan yang diberikan untuk mendukung pengembangan pertanian di Bumi Tenguyun sebutan lain Bulungan.

Diketahui Beberapa bantuan fasilitas pendampingan program prioritas kawasan pertanian telah diberikan, diantaranya, bantuan bibit cabe rawit, pupuk pelengkap cair, pengadaan bibit durian, benih umbi, saprodi bawang merah dan cultivator f 300. Termasuk, bantuan bagi kelompok penangkar padi di Bulungan. Sekaligus juga ada bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non FIsik berupa Pekarangan Pangan Lestari (P2L) bagi kelompok wanita tani. Begitupun pula ada sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang dibutuhkan para petani.

“Kami pemerintah daerah Kabupaten Bulungan, terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan di desa-desa di Bulungan, dengan sejumlah program dan kegiatan,” ujar Bupati Bulungan Syarwani.

Beberapa dukungan program untuk pertanian khususnya dilakukan Pemkab Bulungan, diantaranya, melalui Alokasi Dana Desa, Transfer Anggaran Kabupaten ke Desa berbasis Ekologi atau pembangunan berkelanjutan, Satu Desa Satu Produksi dan sejumlah program prioritas lainnya.

Ia tak menampik, sebagai program prioritas khususnya bidang pertanian, masih banyak PR yang harus dituntaskan, baik dari hulu berupa kualitas dan jumlah produksinya, maupun hilir atau pemasaran hasil produk pertanian tersebut.

“Saya mengajak seluruh warga di Bulungan yang bergerak di bidang pertanian dalam arti luas, mari kita bergandengan tangan, kita bekerjasama, kita bersinergi dan berkolaborasi, dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah kita, sekaligus mendukung kedaulatan pangan nasional,” pungkasnya

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar