Bulungan Target Bentuk 59 Kampung KB

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, pemerintah daerah menargetkan membentuk 59 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) pada tahun ini. Dari target tersebut, 25 diantaranya sudah terealisasi sampai dengan September 2023 kemarin.
Syarwani menjelaskan, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa yang terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi. Fungsinya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.


Program yang ada di Kampung KB antara lain penyediaan data dan dokumen kependudukan, peningkatan perubahan perilaku, peningkatan cakupan, layanan dan rujukan pada keluarga serta penataan lingkungan hidup dan masyarakat. Termasuk di dalamnya bersinergi dengan program percepatan penurunan stunting di daerah.


“Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas mengamanatkan kabupaten kota melakukan pembentukan Kampung KB di semua wilayah desa kelurahan sesuai target yang ditetapkan. Berarti di Bulungan masih ada 34 kampung lagi yang perlu dibentuk,” kata Syarwani belum lama ini.


Dukungan para stakeholder mulai dari pemerintahan desa maupun segenap unsur masyarakat diharap bisa menjadi kunci akselerasi. Khususnya dalam rangka akselerasi pencapaian target pembentukan dan peningkatan klasifikasi Kampung KB.


“Kita semua juga perlu mendukung pelaksanaan program percepatan penurunan stunting di Kampung KB, termasuk di dalamnya pembinaan DASHAT atau Dapur Sehat Atasi Stunting di Bulungan,” papar Syarwani.(ag)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar