Gunung Putih Menuju Kawasan Wisata Terintegrasi

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan sedang berupaya mengembangkan Gunung Putih di Kecamatan Tanjung Palas menjadi kawasan wisata terintegrasi. Langkah awal sudah dilakukan dengan tinjauan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bulungan, Risdianto yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bulungan, Ismail, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulungan, Camat dan Lurah setempat.


Sekda Bulungan, Risdianto mengatakan, tinjauan difokuskan pada beberapa titik yang selanjutnya dilakukan pemetaan dan perencanaan pengembangan kawasan wisata. Tujuan akhir yang hendak dicapai adalah Gunung Putih menjadi kawasan wisata terintegrasi yang lebih menarik untuk dikunjungi.


Secara teknis, pengembangan lebih serius akan dilakukan Pemkab Bulungan. Salah satunya mempertimbangkan kondisi gunung dengan tebing kars (gamping) vertikal yang curam. Kontur ini memungkinkan untuk pemasangan via ferrata atau tangga besi yang ditanam di dinding tebing. Sehingga dapat digunakan mendaki bagi wisatawan yang menggemari tantangan beradrenalin.


“Tinjauan ini masih awal untuk selanjutnya kami melakukan pemetaan. Selain penataan kembali jalan pendakian, kami merencanakan pemasangan via ferrata sampai flying fox,” kata Risdianto, Rabu (1/11).


Puncak Gunung Putih secara perlahan juga akan dibenahi untuk menjadi tempat foto menarik. Terlebih wisatawan dapat melihat suasana Ibukota Tanjung Selor dari puncak gunung.
Konsep kawasan terintegrasi sementara ini masih perlu melalui kajian yang matang. Risdianto menginginkan Gunung Putih bisa menjadi satu paket obyek wisata unggulan Bulungan yang ditawarkan kepada wisatawan.


Keberadaan Gunung Putih juga diharap bisa dimanfaatkan oleh berbagai komunitas untuk menggelar kegiatan mereka. Peningkatan kunjungan dan kegiatan di Gunung Putih pada akhirnya ditarget bisa semakin menggerakkan sektor ekonomi pariwisata.


“Dengan semakin banyaknya wisatawan dan kegiatan yang terlaksana di Gunung Putih dan juga obyek wisata lainnya, ekonomi masyarakat sekitar pasti tumbuh, pendapatan asli daerah juga meningkat,” paparnya.


Pemkab Bulungan akan melibatkan tenaga ahli internal untuk menghasilkan rekomendasi pengelolaan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Gunung Putih. Rekomendasi tersebut menjadi dasar dimulainya kegiatan pengembangan ke depan.


Untuk diketahui bersama, Kawasan Gunung Putih memiliki luasan lahan sebesar 200 hektar. Di dalamnya terdapat beberapa Gunung Batu Karst yang meliputi Gunung Putih, Gunung Wincung, Gunung Wayang, Gunung Imang dan Gunung Kerubung.(ag)
Grafis
Potret Kawasan Gunung Putih

  1. Berada di Kecamatan Tanjung Palas
  2. Kawasan memiliki luasan lahan sebesar 200 hektar
  3. Kawasan terdiri dari beberapa Gunung Batu Karst
  4. Pemkab Bulungan akan melakukan pengembangan menjadi kawasan wisata terintegrasi
    Kawasan Gunung Putih.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar