Kebutuhan Beras Untuk Pekerja di KIPI Tembus 30 Ton Per Hari

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulungan, Risdianto mengungkapkan, kebutuhan beras untuk pekerja di Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning, diproyeksikan mencapai 30 ton per hari.

“Diperkirakan ke depannya ada sekitar 100 ribu pekerja di KIPI, dimana 1 orang kebutuhannya 0,3 kilogram beras per hari atau total sekitar 30 ton per hari,” kata Risdianto.

Potret proyeksi fenomena tersebut dinilai menjadi tantangan bagi ketahanan pangan Kabupaten Bulungan. Mengingat jumlah produksi padi sawah di Bulungan rata-rata 4 ton per hektar.

“Artinya produksi pertanian lokal belum cukup untuk kebutuhan pangan di sana (KIHI) Tanah Kuning,” ungkapnya.

Berkenaan dengan itu, Risdianto mengajak semua pihak terutama petani untuk mengubah pola pikir mereka. Para petani lokal diharap menanam padi tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi pribadi saja, melainkan juga sebagai sumber pencaharian ekonomi.
“Tugas kita semua untuk merubah mindset menanam hanya untuk makan, agar para petani lebih termotivasi mengembangkan komoditi pertanian,” ujarnya.

Secara teknis, pemerintah daerah telah memperhatikan masyarakat nelayan dalam bentuk bantuan sarana tangkap sebanyak 393 unit untuk 27 kelompok dan Bantuan Keuangan Provinsi Kaltara berupa sarana tangkap 40 unit untuk 4 kelompok

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar