Ragam Upaya Penanganan Sampah di Bulungan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memiliki ragam upaya penanganan timbulan sampah. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan pada DLH Bulungan, Indah Sriwati.
Dia memaparkan, upaya yang telah dilakukan antara lain Gerakan Peduli dan Berdaya Bersih Lingkungan di Sekolah, kegiatan penyuluhan dan program peningkatan kapasitas lingkungan hidup dengan Transfer Anggaran Kabupaten Tahun 2023 menuju Bulungan Hijau.
“Kami juga melakukan pengawasan terhadap kegiatan usaha yang ada di Bulungan,” kata Indah belum lama ini.


Indah mengakui jika produksi sampah jenis plastik tergolong tinggi di Bulungan. Oleh sebab itu, DLH Bulungan merancang program pembelian sampah jenis tersebut yang menjadi bahan baku ecobreak.
“Kami membeli seharga Rp2 ribu per kilogram, ini salah satu cara mengatasi timbulan sampah plastik, Kami sudah menyurati juga ke sekolah untuk ikut berpartisipasi, apalagi ini juga instruksi Pak Bupati,” paparnya.


Keterbatasan infrastruktur di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi permasalahan yang masih dalam proses penyelesaian.
“Memang di TPA terjadi tumpukan sampah luar biasa, sekarang kita sedang tahap penambahan fasilitas di TPA itu sendiri,” ujarnya.


Masyarakat Tanjung Selor dan sekitarnya diharap mematuhi jam buang sampah yang diberlakukan Pemkab Bulungan. Kesadaran masyarakat akan sangat membantu menjaga tampilan lingkungan dari kesan kumuh dan kotor.
“Sudah ada surat edaran untuk jam buang sampah, kami juga tidak bosann mengingatkan dan memaksa, teguran lisan juga selalu diberikan kepada masyarakat yang tidak mematuhi ketentuan tersebut,” pungkasnya.(ag)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar