BERI PENGHARGAAN: Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd. M.Si memberikan penghargaan Benuanta Award pada perusahaan dan badan usaha yang telah berkontribusi dengan baik dalam pelaksanaan CSR mereka.

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.conTANJUNG SELOR – Sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Dalam upaya mengejar visi tersebut Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd. M.Si telah menggulirkan program prioritas “Mitra Bulungan Berdaulat”

program yang bertujuan untuk membangun kemitraan yang adil dan seimbang antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
Pada Kamis 2 November 2023 bertempat di Auditorium Lantai 3 Universitas Kalimantan Utara, bupati menyerahkan penghargaan Benuanta Award. Sebagai wujud apresiasi pada perusahaan yang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan baik. Peran penting dalam program Mitra Bulungan Berdaulat, perusahaan dapat berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta pelestarian lingkungan hidup.


Demikian pula konsep Pentahelix atau pelibatan multipihak dimana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masayarakat hingga media dalam pelaksanaan program Mitra Bulungan Berdaulat. Dengan konsep ini dapat menciptakan sinergi yang saling menguntungkan antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan.
” Melalui forum ini bagaimana menyatukan tiap program CSR yang disusun oleh perusahaan dan diselaraskan dengan program Kabupaten Bulungan,” ujar Syarwani.


Bupati menambahkan, kegiatan ini menjadi komitmen dan kewajiban perusahaan sejalan dengan program prioritas Pemkab Bulungan yakni Mitra Bulungan Berdaulat. Pihaknya ingin perusahaan memiliki program bersama dengan pemerintah daerah dalam menangani kemiskinan.
“Perusahaan juga harus memiliki peran dan kontribusi dan ikut mendukung program Bulungan Berdaulat ini yang menjadi salah satu program prioritas,”tegas mantan ketua DPRD Bulungan periode 2014-2019 tersebut.


Target utamanya, kata bupati selain pengentasan kemiskinan juga membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa terus berkembang. Apalagi, saat ini juga telah ada program Kredit Mesra untuk membantu permodalan UMKM Bulungan utuk bisa terus berinovasi dan berkembang.


“Dengan begitu, ketika pelaku usaha khususnya UMKM Bulungan membutuhkan dana, ada Kredit Mesra yang bisa dimanfaatkan,” kata bupati
Dengan adanya program Kredit Mesra yang difasilitasi oleh Pemkab Bulungan bukan hanya pelaku UMKM saja yang bisa mengakses permodalan, tapi juga petani maupun jenis usaha kerakyatan lainnya.


“Berbagai program prioritas ini harus terlaksana. Saya ingin melihat hilirnya (hasil akhirnya) dan bagaimana hulunya (langkah awalnya) bisa diberikan subsidi,”pungkasnya (***)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar