PPT-Pratama Terpilih Diharap Mampu Membantu Percepatan Visi Misi Bulungan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltraa1.comTANJUNG SELOR – Terdapat 7 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama eselon II B di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang dilakukan proses seleksi terbuka. Kegiatan dilaksanakan di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bulungan Jalan Agathis Tanjung Selor.

Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd. M.Si. saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa jabatan pimpinan tinggi pratama ini sangat berperan dalam membantu Bupati dan Wakil Bupati Bulungan.
Oleh karena itu, untuk Peiabat Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala OPD) yang terpilih nantinya harus memiliki kualitas, kompetensi, serta kemampuan dan kemauan kuat membantu percepatan capaian visi, misi, maupun program-program prioritas pembangunan Kabupaten Bulungan.

Terdapat 7 jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II B yang lowong di lingkup pemerintah Kabupaten Bulungan, yaitu:
Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Inspektur Inspektorat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), dan Sekretaris DPRD.

Proses seleksi dimulai dari rekam jejak, tes kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural melalui metode asesmen center, tes kompetensi bidang yang meliputi penulisan makalah, paparan, dan wawancara akan dilaksanakan hingga pengumuman hasil seleksi pada 17 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bulungan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Dr. Adi Suryanto, M.Si. yang berkenan hadir mengawal tahap uji pemetaan kompetensi dengan metode assessment center, yang dilaksanakan dari Selasa 21 November hingga 23 November 2023.

“Dari proses yang dilakukan nantinya memberi gambaran dalam pengambilan keputusan. Insya Allah proses tidak mengkhianati hasil,” terang bupati.
Melalui seleksi terbuka ini nantinya akan segera terisi kekosongan jabatan 7 OPD yang ada. Kepala LAN RI menyampaikan ke depan nanti diharapkan Pemda Kabupaten Bulungan menerapkan model manajemen talenta untuk pengelolaan ASN, sehingga nantinya Pemda dapat melakukan efisiensi dalam tata kelola kepegawaian, khususnya dalam penempatan PPT-Pratama. Sesuai Pasal 179 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen ASN.

“Arahnya kesana (manajemen talenta) namun saat ini kita belum memenuhi standar proses dalam melakukan konsep manajemen talenta tersebut. Sehingga proses ini (seleksi terbuka) yang kita lewati,” jelasnya.

Dari hasil seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama ini, Bupati berharap mendapat kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tentu ekspektasi masyarakat cukup tinggi terutama reaksi cepat dalam pelayanan masyarakat. Pemerintah hadir dalam mengatasi dan membantu setiap persoalan masyarakat,” pungkasnya (*)

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar