148 Ton Bantuan Pangan Beras Dialokasikan Ke Bulungan

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.com Bulungan-Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tanjung Selor, Bupati Bulungan Syarwani menyerahkan bantuan pangan beras tahap ke dua kepada 1.228 orang penerima manfaat di wilayah Kecamatan Tanjung Selor. Kamis, (21/10/23).

Bantuan pangan tersebut merupakan program pemerintah melalui Badan Pangan Nasional, yang tahun 2023 ini dialokasikan ke Kabupaten Bulungan.

Pada tahap pertama Badan Pangan Nasional, telah mengalokasikan ke Kabupaten Bulungan
Sebanyak 170 Ton beras yang disalurkan kepada 5.693 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pada tahap ke dua ini telah dialokasikan sebanyak 148.050 Kilo Gram beras atau 148 Ton yang akan di salurkan kepada 4.935 KPM yang tersebar pada 10 kecamatan di Kabupaten Bulungan.

” Bantuan Pangan beras ini, diberikan untuk menghadapi keadaan darurat dan mengantisipasi lonjakan harga di tingkat masyarakat, ” ungkap Bupati Bulungan Syarwani.

Bantuan pangan dari pemerintah ini adalah persediaan bahan pangan pokok yang disimpan oleh pemerintah yang dapat dimobilisasi secara cepat untuk keperluan konsumsi maupun menghadapi keadaan darurat.

saya berharap penyaluran bahan pangan pokok ini dapat bapak ibu gunakan sebaik-baiknya, untuk kebutuhan di dalam rumah tangga, semoga dapat sedikit meringankan beban pengeluaran keluarga”, ujar Syarwani.

Selain itu tahun Pemda Bulungan melalui Dinas Ketahanan Pangan juga telah mengalokasikan nggarakan sebesar Rp. 50.000.000 Rupiah untuk alat pengolahan hasil sumber daya pangan yang bakal disalurkan kepada 12 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Bulungan.

” dari 12 KWT ini ada yang masuk dalam tahap penumbuhan dan tahap pengembangan artinya tahun lalu kita tambah lagi alat bantuan tersebut di tahun ini,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bulungan Sa’diah Yunus.

Bantuan alat yang disasar kepada KWT untuk meningkatkan pengelolaan sumber pangan di Bulungan, seperti hasil pangan yang diolah menjadi tepung berbahan pangan lokal.

” KWT yang mendapatkan bantuan ini juga sudah mendapatkan pelatihan dari dinas ketahan pangan, untuk alat pengolaha sumber daya pangan ini berupa alat penepung, alat pengering pangan baku, sehingga dapat membantu kondisi cuaca kita yang tidak menentu, bantuan tersebut juga sesuai dengan usulan KWT dan sesuai dengan kondisi sumber daya pangan yang ada Bulungan, Insya Allah dalam tahun ini akan Kita serahkan” ujar Sa’diah.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar