Galakkan Diversifikasi Pangan Melalui Lomba Inovasi Produk

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Ketahanan Pangan menyelenggarakan Lomba Inovasi Produk Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal tingkat SMA/SMK Sederajat pada pekan ini (31/10).
Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober dengan te,a ‘Water is Life, Water is Food. Leave No One Behind’, atau ‘Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan. Jangan Tinggalkan Siapa Pun’. Tema ini bertujuan untuk menyoroti peran penting air bagi kehidupan di bumi serta sebagai sumber makanan.


Sekretaris Daerah (Sekda) Bulungan, Risdianto mengatakan, lomba inovasi produk menjadi salah satu upaya menggalakkan diversifikasi atau penganekaragaman panga manusia. Ketersediaan pangan dijelaskan menjadi satu dari tiga tantangan dunia ke depan.


“Dunia ke depan menghadapi tiga tantangan terbesar, selain kelangkaan air, kelangkaan energi, dunia juga menghadapi kelangkaan pangan, sehingga penting mulai dilakukan upaya diversifikasi pangan, salah satunya melalui lomba ini,” kata Risdianto.


Dia memaparkan, pertumbuhan populasi manusia yang diiringi pertumbuhan perumahan akan berdampak pada menyusutnya kawasan hijau. Kondisi ini berpotensi menimbulkan kelangkaan air dan pangan. Begitu pula dengan eksploitasi hasil bumi yang bisa berdampak pada kelangkaan energi.


“Untuk itu kita harus bersama-sama melakukan upaya mitigasi (mengurangi resiko) dari ancaman 3 kelangkaan ini. Seperti yang saya sampaikan, kegiatan ini sebenarnya merupakan salah satu upaya mitigasi, yaitu melalui inovasi penganekaragaman pangan khususnya yang ada di Kabupaten Bulungan,” jelasnya.


Kegiatan perlombaan ditekankan untuk tidak sekadar bersifat seremonial. Di samping untuk meningkatkan keterampilan, kegiatan ini harus meningkatkan semangat semua pihak untuk menjaga lingkungan untuk bisa diwariskan dan dinikmati anak cucu di masa depan.
“Semoga kegiatan ini bisa menciptakan penganekaragaman pangan-pangan lokal yang dapat diberdayakan masyarakat Bulungan,” pesannya.


Sebagai informasi tambahan, lomba diikuti oleh siswa/siswi SMA Negeri 1 Tanjung Selor sebanyak 3 kelompok, SMK Negeri 1 Tanjung Selor sebanyak 3 kelompok, MAN Bulungan 1 kelompok dan SMA Negeri 1 Tanjung Palas timur masing masing 3 kelompok

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar