MTQ Ke-48, Desa Tana Kuning Dinobatkan Sebagai Desa Al-Quran

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.com BULUNGAN-Di Desa Tana Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-48 Tingkat Kabupaten Bulungan resmi dimulai, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine, oleh Bupati Bulungan Syarwani. Selasa malam, (5/10/23).

Tak hanya menjadi tuan rumah, pada perhelatan MTQ tahun ini. Desa Tana kuning juga di nobatkan sebagai Desa Al-Quran.

Kegiatan MTQ tidak hanya sekedar kegiatan rutin setiap tahun, namun merupakan salah satu program kegiatan peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, khususnya kepada generasi muda Islam di Bulungan.

“ Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam, ikhtiar untuk mengagungkan Al Quran, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi pendidikan dari kitab suci Al-Qur’an kepada umat Islam,” ujar Bupati Bulungan Syarwani.

Diharapkan melalui MTQ, generasi muda tidak hanya sekedar membaca Al-Qur’an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian, serta dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

“Inilah salah satu ciri dari SDM unggul sesuai dengan napas Al-Qur’an,” ujar Syarwani.

Dikatakan Syarwani, MTQ tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

Demikian juga, Al-Qur’an juga harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

“ Saya harapkan generasi muda yang terlibat dalam kegiatan ini akan semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al-Qur’an,” ujar Syarwani.

Diterangkan, generasi muda Islam, harus ditanamkan pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang keragaman dalam masyarakat. Menekankan tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lain.

Kegiatan MTQ ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum Muslimin dan Muslimah.

“Melalui ajang ini diharapkan, nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini akan menjadi wahana untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, serta Ukhuwah Insaniyah pada seluruh unsur masyarakat Bulungan,” ujar Syarwani.

Bupati berharap para kafilah dari kecamatan-kecamatan se-Bulungan dapat kerasan selama bermusabaqah sekaligus menikmati keindahan objek-objek wisata di Tanah Kuning maupun Mangkupadi.

“Desa Tanah Kuning ini tempat yang istimewa karena menjadi salah satu tempat dilaksanakannya Proyek Strategis Nasional yaitu Kawasan Industri Hijau.

Kemudian Desa Tanah Kuning juga menjadi salah satu desa wisata unggulan di wilayah Provinsi Kalimantan Utara,” ujar Bupati.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar