Ingkong Ala : Inovasi tanpa Realisasi Tak Berarti Apa-apa

redaksi

Ads - After Post Image

Kaltaraa1.comTANJUNG SELOR – Puluhan pejabat administrator di lingkungan Pemkab Bulungan, telah mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator angkatan IV kelas Kabupaten Bulungan. Secara resmi, proses itu ditutup Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala.

Tak dipungkiri, seiring tantangan pelayanan publik yang semakin besar, pejabat administrator harus mampu melakukan inovasi dalam menjalankan tugas dan fungsi jabatannya. Ingkong Ala, dalam kesempatan itu, menegaskan, tantangan sektor publik semakin besar dan memerlukan kemampuan manajerial yang dapat mengintegrasikan, dan mengarahkan seluruh sumber daya pegawai.

“Ini bagian dari proses meningkatkan peran bersama untuk membangun Bulungan, melalui inovasi yang dilahirkan oleh masing-masing pejabat,” ujarnya.

Pelatihan diikuti 39 pejabat administrator yang merupakan pejabat struktural eselon III. Pelatihan tersebut, merupakan pola atau konsep baru yang lebih fokus mengajak para pemimpin, untuk menjadi pemimpin yang membawa perubahan dengan memulai dari dirinya sendiri.

Landasan pemikirannya yakni, perubahan bisa berjalan efektif jika dimulai dari pemimpinnya. Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN) RI.

“Perlu digarisbawahi bahwa keberhasilan pelatihan ini, dengan adanya inovasi, tidak akan memberikan arti apapun jika tidak dapat menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari,” tegasnya.

Melalui pelatihan itu, diharapkan peserta mampu membangun karakter dan sikap perilaku kepemimpinan Pancasila, yang ber integritas dan berwawasan kebangsaan serta bertanggungjawab, sehingga turut membangun pemerintahan yang berkinerja tinggi.

“Tantangan tugas ke depan semakin berat, dengan tingkat persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu, para pejabat administrator harus terus meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan tanggungjawab serta terus mengikuti perkembangan yang terjadi baik di lingkungan tugas maupun pada tingkatan lokal, regional, dan nasional maupun internasional,” tambahnya.

Ia menambahkan, dengan adanya proses pelatihan, dan terus meningkatkan kemampuan, diyakini para pimpinan administrator dapat menjadi seorang Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan dapat diandalkan.
“Saya ucapkan selamat dan semoga pelatihan ini menjadi pemacu kita semua untuk dapat meningkatkan kinerja pelayanan. mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah yang kita cintai,” tambahnya.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Topik

Tinggalkan komentar